Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
TIMNAS

Menarik! Inilah Alasan Perpindahan Ban Kapten Timnas Indonesia dari Asnawi ke Jay Idzes

2615
×

Menarik! Inilah Alasan Perpindahan Ban Kapten Timnas Indonesia dari Asnawi ke Jay Idzes

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengungkapkan alasan di balik perpindahan ban kapten dari Asnawi Mangkualam ke Jay Idzes. Selama beberapa tahun terakhir, Asnawi Mangkualam dipercaya memimpin tim dengan deputi seperti Jordi Amat dan Rizky Ridho. Namun, dalam dua laga terakhir, peran tersebut diberikan kepada Idzes.

Jay Idzes pertama kali mengenakan ban kapten pada laga melawan Arab Saudi di matchday pertama Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 September 2024. Ia kembali mengenakan ban kapten saat melawan Australia pada 10 September 2024. Keputusan ini mengejutkan banyak pihak, hingga Sumardji menjelaskan alasan di balik penunjukan Idzes.

Example 300x600

Alasan Jay Idzes Menjadi Kapten

Sumardji menjelaskan bahwa pelatih Shin Tae-yong memilih Jay Idzes karena ia dianggap sosok yang bertanggung jawab penuh saat diberi tugas. “Jay itu, kalau diberi tanggung jawab, dia benar-benar menjalankan tugasnya dengan totalitas,” ungkap Sumardji dalam kanal YouTube Nusantara TV.

Insiden Keterlambatan Makan

Sumardji mencontohkan totalitas Idzes dengan menceritakan sebuah insiden. Idzes pernah terlambat datang ke sesi makan bersama karena masalah lift. Meski keterlambatannya hanya satu menit dan disebabkan oleh faktor eksternal, Idzes tetap berdiri di depan seluruh rekan timnya untuk meminta maaf.

“Walaupun cuma terlambat satu menit karena lift-nya bermasalah, dia tetap minta maaf ke semua pemain,” jelas Sumardji.

Kepemimpinan yang Baik

Selain tanggung jawab yang besar, Sumardji juga menyoroti kemampuan Idzes untuk menjadi mentor dan contoh bagi rekan-rekannya. Ia memiliki kepemimpinan yang kuat, mampu membimbing pemain lain, baik yang bermain di liga lokal maupun pemain lainnya.

“Jay bisa ngemong, ngajari semua, bukan hanya pemain di liga kita, tapi juga teman-temannya. Dia membimbing cara menjaga posisi dan memberikan contoh yang baik,” tambah Sumardji.

Menurutnya, Idzes memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa dan sangat dihormati oleh rekan-rekannya, sehingga layak diberi kepercayaan sebagai kapten Timnas Indonesia.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *